Belajar Yang Terbaik adalah Mengajarkan

Rabu, 10 Juni 2015

On 23.47 by Unknown in , , ,    No comments


Install Paket Xen
Yang pertama harus dilakukan adalah kita install paket xen, ini bertujuan agar ceph yang akan kita gunakan lebih stabil karena disini kita menggunakan Virtual bukan real device. Gunakan perintah berikut
yum install centos-release-xen -y



Update Kernel
Selanjutnya kita harus mengupgrade kernel nya dari 2x menjadi 3x. Karena Ceph tidak support untuk kernel versi 2. Maka dari itu kita harus mengupgrade nya , gunakan perintah berikut
yum update-kernel -y



Setelah itu reboot client nya , agar kernel nya terupdate. Gunakan perintah
 reboot 

Install Ceph di Client

Jika sudah terupdate selanjutnya kita install Ceph untuk client nya lewat Admin Node. Ketikkan perintah berikut di Admin Node.
ceph-deploy install client


Menyalin Keyring dari Admin Node ke Client

Selanjutnya kita copy Keyring dari Admin ke Client , gunakan perintah berikut untuk mengcopy keyring nya
ceph-deploy admin client

Membuat Blok Device di Client.

Untuk membuat blok device, kita harus membuat disk baru terlebih dahulu. Disk yang dibuat di sini adalah disk model rbd. Jika sudah dibuat jangan lupa disknya dimapping. Perintah yang dapat digunakan adalah sebagai berikut.
rbd create disk1 --size 5012


Jika sudah kemudian kita mapping dari disk yang sudah dibuat. Gunakan perintah berikut
rbd map disk1


Disk baru yang sudah dibuat dan di mapping, harus kita format agar tipenya menjadi ext4. Fungsinya, agar nanti bisa digunakan oleh client saat dimounting ke sistem file client yang sudah menggunakan tipe file ext4. Gunakan perintah berikut ini untuk memformat tipe sistem filenya.
mkfs.ext4 /dev/rbd1




 Selanjutnya kita mounting disk yang sudah dibuat ke salah satu direktori. Pertama kita buat dulu direktori sebagai tempat mounting nya , lalu kita mounting disk tersebut ke direktori yang dibuat. ketikkan perintah berikut
mkdir /ceph-bl-dv
mount -t ext4 /dev/rbd1 /ceph-bl-dv




Membuat Ceph File System

Selanjutnya kita akan membuat file system khusus untuk penggunaan cephnya. Hal pertama yang harus dikonfigurasi untuk membuat ceph file sistem adalah membuat pool pada ceph osd. Berikut perintah yang dapat kita gunakan untuk membuat poolnya.
ceph osd pool create data 100
ceph osd pool create metadata 100



 Kemudian kita tinggal buat deh file system nya , gunakan perintah berikut
ceph fs new fsdata metadata data


Lalu, kita buat secret file dengan cara menyalin keyring yang sudah diberikan dari admin-node sebelumnya. Dan meletakkan keyring tersebut ke file baru. Sebelum itu kita cek dulu keyring yang sudah didapatkan dari admin-node dengan perintah cat ke direktori keyringnya.

Jika sudah tinggal kita mounting deh driver ceph yang sebelumnya sudah disetting pada server admin-node dan node lainnya. Mountingnya kearah server MON (yang disetting di server node1) dan di mounting kearah direktori yang baru saja. Untuk perintahnya bisa menggunakan perintah berikut ini.

mkdir /mnt/cephfs

mount -t ceph 192.168.100.202:6789:/ /mnt/cephfs -o name=admin,secretfile=/etc/ceph/admin.secret



Selanjutnya kita install paket ceph-fuse , gunakan perintah berikut untuk menginstall
yum -y install ceph-fuse


Setelah itu, dimounting lagi. sekarang yang dimounting adalah filesystem cephnya. Arah mountingannya dari server MON ke direktori baru yang akan dibuat. Gunakan perintah berikut ini untuk melakukan perintahnya.
mkdir mycephfs
ceph-fuse -m 192.168.2.3:6789 mycephfs/


PENGUJIAN
Sekarang kita lakukan pengujian dengan cara membuat direktori di mycephfs , Buat saja 1 folder dengan nama test


Keudian direktori yang kita buat tersebut akan muncul di  folder Ceph nya yaitu didalam direktori /mnt/ceph


Oke sekian dulu tentang postingan Ceph Cluster di Centos. Gak terasa udah selesai yaaa. Dengan konfigurasi sebanyak itu saya berharap kalian bersabar yaa wkwkw.
Wassalam 

0 komentar:

Posting Komentar