Belajar Yang Terbaik adalah Mengajarkan

Minggu, 07 Juni 2015

On 21.32 by Unknown in , , ,    No comments

TOPOLOGY


Tabel Addressing :


Tujuan Pembelajaran :
  • Untuk mengetahui Konsep Ceph Cluster
  • Untuk mengetahui Konfigurasi Ceph di CentOS
  • Untuk mengetahui Cara bekerjanya Ceph
Konsep Dasar :

Ceph Storage Cluster adalah sebuah software yang berbasis opensource yang berfungsi sebagai storage server atau server penyimpanan seperti google drive. Ceph Storage Cluster terdiri dari dua jenis daemon yaitu Ceph OSD Daemon (OSD) berfungsi untuk menyimpan data sebagai objek pada server penyimpanan dan Ceph Monitor (MON) berfungsi untuk menjaga atau memonitoring data master pada server cluster. Dalam membuat ceph storage, minimal harus mempunyai satu Ceph Monitor (MON) untuk memonitoring dan dua Ceph OSD Daemon (OSD) untuk menyimpan data replikasi.

Dalam kasus ini, saya akan membuat satu Ceph Monitor (MON), satu Metadata Server (MDS), dan tiga Ceph OSD Daemon (OSD). Berikut masing-masing dari fungsi yang ada di ceph

  • MON berfungsi untuk memonitoring data pada cluster
  • OSD berfungsi untuk menyimpan data sebagai objek pada server
  • MDS berfungsi sebagai file system ceph

Admin-node berfungsi untuk menginstalasi ceph ke node1, node2, node3, dan client. 
Karena, jika kita instalasi satu persatu keyringnya akan berbeda dan ceph sendiri tidak akan saling sinkronisasi. 
Untuk OSD, menggunakan node1, node2 dan node3 dengan menggunakan harddisk tambahan ke masing-masing node. MON dan MDS hanya perlu diinstal pada node1. Untuk kliennya sendiri harus di upgrade kernelnya, karena ceph tidak support menggunakan kernel 2.x.

Langkah Konfigurasi :

Untuk Langkah Konfigurasi akan di bagi per-tahap dan berada di postingan berbeda. Untuk di postingan ini adalah tahap Persiapan , untuk tahap selanjutnya Link akan di cantumkan di Akhir Postingan.

1. Mematikan Firewall

Yang pertama harus dilakukan adalah kita matikan Firewall di semua perangkat, (Admin , Node1-3, Client)
Ketikkan perintah berikut
# vi /etc/selinux/config

kemudian cari baris berikut SELINUX=enforcing , ubah menjadi SELINUX=disabled


Selanjutnya save dan exit , setelah itu ketikkan perintah dibawah ini untuk benar benar memastikan firewall benar benar mati
#setenforce 0                       => Mematikan Control Hak Akses
#iptables-F                          => Untuk mematikan Firewall
#chkconfig iptables off         => Agar firewall tetap mati ketika perangkat ter-reboot


2. Install dan Manage SSH

Langkah selanjutnya adalah kita install SSH Client di semua perangkat, ini bertujuan agar admin node dapat meremote perangkat lain.
# yum install openssh-clients -y



Selanjutnya kita buat pemetaan Hostname ke IP Setiap perangkat , ini bertujuan agar kita mudah dalam meremote nya , jadi kita tidak perlu lagi meremote melalui IP melainkan kita dapat meremote sesuai dengan nama Hostnamenya. Ketikkan perintah berikut

# vi /etc/hosts
Lalu hapus semua kalimat yang ada lalu ubah menjadi seperti dibawah ini , sesuaikan hostname dengan IP Setiap Perangkat nya.


Selanjutnya kita konfigurasikan SSH-keygen nya, fungsi dari ssh-keygen adalah untuk memberikan rsa public , sehingga ketika kita ingin meremote perangkat kita tidak perlu lagi menggunakan password di setiap perangkat , melainkan menggunakan password yang kita isikan di ssh-keygen. Untuk di tutorial ini ane menggunakan password kosong (Tidak Pakai Password) , sehingga ketika meremote gak perlu lagi isiin password.
ketikkan perintah berikut

# ssh-keygen
Kemudian tekan enter enter aja , karena kita gak pakai password untuk meremote nanti, kalo pengen pake password isikan di bagian "ENTER PASSHPRASE"


Selanjutnya ketikkan perintah berikut untuk menyimpan password dari setiap perangkat yang akan di remote. Sesuaikan dengan nama hostname nya

# ssh-copy-id -i ~/.ssh/id_rsa.pub node1
# ssh-copy-id -i ~/.ssh/id_rsa.pub node2
# ssh-copy-id -i ~/.ssh/id_rsa.pub node3
# ssh-copy-id -i ~/.ssh/id_rsa.pub client



 3. Install Packet 'wget'

Karena kita nantinya akan mendownload paket Ceph dari internet maka kita harus menginstall paket wget terlebih dahulu. Paket WGET ini berfungsi untuk mendowload paket yang berada di internet.
Ketikkan perintah

# yum install wget -y



SEKIAN POSTINGAN TAHAP PERTAMA
Untuk postingan berikutnya silahkan Klik Link dibawah ini



0 komentar:

Posting Komentar